Sabtu, 21 Agustus 2010

Hari Pertama Gerbong Khusus Wanita Berjalan Tertib

Gerbong khusus wanita beroperasi hari ini. Para penumpang laki-laki yang berusaha masuk dihalau dan diarahkan ke gerbong umum

Hidayatullah.com--Hari pertama layanan gerbong khusus wanita  jalur Bogor-Jakarta berjalan tertib. Setiap pintu gerbong wanita dijaga oleh pihak keamanan PT KAI Commuter Jabotabek.

Demikian pantauan hidayatullah.com dari Stasiun Bogor, Jawa Barat, 20/8, Jumat pagi tadi.


Para penumpang laki-laki yang berusaha masuk atau sudah masuk gerbong wanita dihalau dan diarahkan ke gerbong umum. Satu rangkaian kereta terdiri dari delapan gerbong, sedangkan gerbong wanita ditempatkan di gerbong pertama dan gerbong terakhir.

Untuk saat ini, gerbong wanita baru diterapkan untuk rangkaian kereta kelas Ekspress Pakuan dan Ekonomi AC saja. "(Kelas) ekonomi "panas" belum," kata Karsim, seorang koordinator keamanan kereta kepada hidayatullah.com di sela-sela perjalanan kereta Ekonomi AC menuju Jakarta.

Namun, Karsim mengakui, pelecehan terhadap wanita lebih sering terjadi di kereta kelas ekonomi.

Baroya (22), mahasiswi penumpang gerbong wanita yang ditemui hidayatullah.com menyambut baik layanan ini. Bahkan dia berharap agar jumlah gerbong wanita ditambah.

Namun Baroya mengatakan, pada peluncuran gerbong wanita kemarin, sejumlah penumpang laki-laki masih terlihat di dalam gerbong wanita karena tidak ada petugas yang mengawasi.

Sampai saat ini belum ada sanksi bagi penumpang laki-laki yang melanggar aturan ini. Nuryani (21), petugas keamanan gerbong wanita mengatakan, tidak ada sanksi bagi pelanggar. "Hanya imbauan dan diarahkan agar pindah ke gerbong lainnya," katanya. [Sur/www.hidayatullah.com]

0 komentar:

Posting Komentar

Baca Juga!!!