Jumat, 07 Desember 2012

Angin pengerak kapal laut

Dalam surat As-Syuura [42] ayat 33 Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, Jika Dia menghendaki, Dia akan menenangkan angin, maka jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaannya) bagi setiap orang yang banyak bersabar dan banyak bersyukur.

Sesungguhnya apa yang Allah ciptakan itu tiada kesia-siaan. Termasuk dalam penciptaan angin. Angin membawa manfaat bagi kehidupan manusia. Bahkan dalam al-Qur`an ada satu surat yang dinamakan adz-Dzaariyaat yakni angin yang menerbangkan.

Salah satu manfaat dari keberadaan angin adalah untuk menggerakkan kapal dalam melayari lautan. Meski sudah jarang kapal laut menggunakan layar, dan berganti menggunakan bahan bakar batu bara atau pun solar, tetap saja angin diperlukan untuk menggerakan kapal-kapal itu. Apabila angin tidak ada, maka gerak kapal akan terhenti secara total, sekali pun menggunakan tenaga nuklir. Karena bahan-bahan bakar ini terbakar dengan perantara gas oksigen yang ada di udara. *Sumber/Suara Hidayatullah MEI2012.

0 komentar:

Posting Komentar

Baca Juga!!!